SD Islam Ibnu Hajar

Halo semangat pagi!!!
Assalamualaikum mamak-mamak kece, pinter masak, solehah, working mom, mom stay at home, menyusui, hamil muda, single fighter, macan, dan mamak-mamak lainnya.....hehehe....

Mak Mul mau sedikit cerita nih...
Waktu itu tiba saatnya mamak dan suami memutuskan pindah ke Bogor. Whats pindah! kebayang kan pindahan itu kek mana repotnya..hemm... Sebetulnya Bogor bukan kota yang asing lagi bagi kita. Malahan kota tempat kita bertemu...ciee..cieee...huehuehue... Tapi beda dulu beda sekarang, PR kita sekarang adalah kita sudah punya 2 followers usia sekolah... yang mana kakaknya harus pindah ke kelas 2 SD dan si adik masuk TK A.
Beberapa bulan ketika pindahan masih sebatas wacana, mamak sudah inisiatif googling sekolahan buat 2 anak wedok supaya dapet sekolah yang baik (baik secara kurikulum, akhlak, kodisi, lingkungan, finansial, aah banyak deh...hehe..). Perlu waktu beberapa purnama buat mengecek sekolah-sekolah yang sudah di-list, malah sempet bolak-balik nelponin ke sekolahan yang sama untuk make sure bahwa ini adalah sekolah yang tepat. Mamak-mamak pada begitu gak sih?! cari sekolah kaya cari jodoh ya mak.
Sampailah pencarian mamak berhenti di SD Islam Ibnu Hajar (SIIHA). Beberapa alasan mamak mau masukin anak untuk sekolah disini yaitu: 
  • Sekolah Islam, karena mamak ingin anak-anak sedari kecil mulai mengenal Tuhan, pelajaran akhlak yang baik, bisa sholat, mengaji, apalan surat Al-Quran dengan baik.
  • Termasuk Jaringan Sekolah Alam, mamak memang ingin memasukkan anak-anak kedalam sekolah alam yang mana kurikulum sekolah alam tidak seketat sekolah umumnya. Sekolah Alam juga mengajarkan kita untuk tetap down to earth, tidak materialisme, lebih natural, belajar dan bercengkrama dari alam, pokoknya lebih mesra dan bersyukur sama ciptaan Nya gitu.
  • Mamak ingin menanamkan rasa senang sekolah ke anak-anak. Ini yang prioritas sih, karena jika anak sudah merasa enjoy/senang sekolah maka pelajaran/ilmu yang dia dapet akan lebih mengasyikkan dan otak akan menyimpan kenangan indah ini dalam jangka waktu yang lama (Long Term Memory).
Mamak tinggal di Saharjo, kec Tebet di Jakarta selatan. Tiba saatnya survey lokasi ke Bogor, mamak menginap di rumah teman (rasa sodara) di Bogor, namanya tante Bena. Besok paginya kita survey sekolah bareng-bareng ditemenin sama tante Bena  n keluarga. Thanks Conk!! (panggilan sayang mamak semasa kuliah sampe sekarang..wkwkwk). Pas kami sampai di SIHAA, sekolahnya sepi karena hari Sabtu anak-anak sekolah libur, tapi malah enak kan buat liat-liat sekelilingnya. Biar lebih menghayati dan memahami.
Berikut keadaan lingkungan sekolah :

 Ruang kelas




Lapangan bermain





Asik kan. Ruang gerak anak bisa leluasa dan ruang kelasnya lucu! dari bilik bambu sesuai dengan tema alamnya. Setiap bangunan kelas bilik bambu ada 2 lantai, diisi oleh kelas yang berbeda, misal kelas bawah 1A, kelas atas 1B. Di dalam kelas anak-anak akan belajar dengan lesehan dan meja, ada juga loker untuk menyimpan keperluan belajar si anak. Tapi ternyata apa sodara-sodara!!, justru soal kelas jadi masalah buat anak mamak. Dia berpikir bahwa ruang kelasnya jelek, karena tidak sesuai dengan bayangan kelas di benak dia, yang mana kelas itu harus bertembok, ada AC, lantai keramik, sedap di mata, bersih dan necis (seperti sekolahnya terdahulu). Jadi kesimpulannya dia gak mau sekolah di situ. Hemm... perlu waktu buat ngeyakinin si anak SD rupanya. Sambil makan di tempat makan fast food, ngobrol santai, dan sambil sedikit-sedikit menggeser sudut pandangnya... sambil mamak iming-imingi kalo sekolah di sekolah alam kita bisa puas main lari-lari, menanam tanaman, dekat dengan hewan-hewan, bisa main air, latihan flying fox, naik turun bukit (sekolah ini tanahnya berkontur), dan kegiatan-kegiatan mengasikkan laiinya...
Akhirnya setelah beberapa minggu dibukakan sudut pandang baru, si anak SD tergiur juga mau sekolah disitu....hehehe... berhasil..berhasil..hore!

Playground (tante Bena dan mamanya dan anak wedok mamak )


                                                    
Pohon Jati di pekarangan sekolah (ini waktu kunjungan ke-3 pas acara Open House)



Suasana di ruang kelas (pertama kali belajar/tahun ajaran baru sekolah ini)

                                            
                                                      
Saung Kebon Jati


Sekarang pas mamak nulis sudah 4 bulan si anak wedok sekolah di Ibnu Hajar. Tanggapan dia setelah beberapa purnama ini :
  •  Merasa senang belajar di sekolah berbasis alam ini
  •  Merasa  tidak masalah kalo mamak lama jemputnya 
  •  Merasa senang sama guru-gurunya, ini berhasil mamak kulik cari tau ketika dia suka ngomong enakan diajarin sama bu guru daripada mamaknya....hahaha... kalo diajarin mamak pake acara  pembesaran pupil mata segala...alias melotot...hahaha....
  • Enjoy dengan kegiatan-kegiatan di sekolah
  • Afalan suratnya enakeun seperti lagi nyanyi aja (pake metode UMMI)                                                                                         
Masya Allah...melihat anak wedok senang dengan sekolahnya membuat mamak ikut merasa senang juga... alhamdulillah! karena tujuan baik mamak menyekolahkan anak wedok mulai terlihat... ada satu hal yang berkesan bagi mamak tentang sanksi atau hukuman kepada siswa-siswinya ketika mereka tidak tertib atau melanggar aturan...sanksinya mereka disuruh menulis sambung membuat kalimat, atau membuat janji baik, bisa 10 kalimat, 50 kalimat bahkan sampe 100 kalimat! yaa... kalo mereka tidak tepat waktu ngumpulin tugas sanksi itu, akan ditambah lagi sanksinya. Tetiba pikiran mamak melayang ke Harry Potter yang dapet hukuman dari gurunya Dolores Umbridge nulis pake pena khusus...jadi setiap Harry nulis kalimat di kertas perkamen, secara sihir akan tertulis ditangannya dan meninggalkan bekas yang sakit di tangan...perih jendral!....hahaha... tapi yang SIIHA hukumannya gak kaya Harry Potter kok...tenang ya mak dan nak-anak soleeh/soleha.
Siapa yang mau anaknya senang sekolah kaya anak mamak? ayoo cung...  
SIIHA bisa langsung dimasukin daftar list "sekolah incaran" mamak-mamak nih... 
Berikut alamat medsosnya :
  • Web di https://sekolahislamibnuhajar.sch.id/ , 
  • IG https://www.instagram.com/sekolah_islam_ibnu_hajar/ ,
  • FB https://www.facebook.com/SekolahIslamIbnuHajarKotaBogor/
Kalo mamak-mamak pada berminat di sekolah ini, pendaftaran siswa baru sudah dibuka dari bulan Oktober mak... kalo emang udah niat banget mending langsung gercep daftar di bulan Oktober pada Gelombang 1 karena kuotanya terbatas dan biasanya di gelombang awal, biaya pendaftara lebih murah.... hehehe (alasan utama terselubung). 
Oke mak cukup sekian dulu ulasan tentang SIIHA, semoga kita termasuk orang-orang yang berpikir dan mendapat keberkahan dari Nya...aamiin yaa robbal alamin.

Wassalam,
Mak Mul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ^^