Sekolah Alam, Sekolah Inklusi, dan Cara Pandang Anak

Semangat Pagi Dunia!!!
Alhamdulillah euforia pagi hari selalu membuat mamak semangat, tertantang, uring-uringan, dan ecxited. Seneng banget akhirnya mamak bisa nulis di blog... Btw ini tulisan pertama mamak semoga enak buat dibaca *makanan kali ahh enak...semoga juga bisa menginspirasi parents.

Anak mamak, Chery, baru 3 bulan ini masuk ke salah satu Sekolah Alam di Bogor, yang mana termasuk Sekolah Inklusi juga, yaitu sekolah yang menyertakan semua anak, termasuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam proses pembelajaran yang sama (sumber: http://pklk.kemdikbud.go.id/mobile/artikel/detail/21/sekolah-inklusi-tempat-belajar-anak-berkebutuhan-khusus). Chery dan Anak-anak Berkebutuhan Khusus berada pada ruang lingkup yang sama, tempat bermain yang sama, kelas yang sama, tetapi ada hal yang membedakannya yaitu biasanya Anak-anak Berkebutuhan Khusus ditemani oleh Guru Pendamping lagi selain guru yang mengajar di kelas. Tetapi jika Anak-anak Berkebutuhan Khusus dirasa sudah bisa mandiri, mereka tidak lagi didampingi oleh Guru Pendamping.

Pernah Chery cerita ke mamak kenapa si R dan A (temen sekelasnya) selalu ditemenin guru. Dulu mamak gak 'ngeh' maksud si anak wedok (sebutan ke Chery), karena mamak gak tau persoalan Guru Pendamping ini. Sampai suatu ketika mamak lagi cerita tentang Yk yang juga Anak Berkebutuhan Khusus. Yk ini adalah teman Danica (adiknya Chery). Mamak cerita kalau Yk termasuk anak hyperactive dan bakat indigo, yang punya kebiasaan memukul-mukul kepalanya sendiri jika senang/sedih. Chery bilang kalau temannya R juga suka memencet-mencet tangan Chery atau pipi dengan telunjuknya. Dari situ mamak langsung mikir kalau R mungkin juga Anak Berkebutuhan Khusus.

Mamak kasih wejangan ke Chery jika temannya R berbuat seperti itu lagi, Chery gak usah khawatir ataupun resah dan gelisah *eeaa😅 ataupun bales ke R, mamak menjelaskan karena R sama seperti Yk adalah anak yang lebih aktif jadi Chery harus bisa paham dan tetap berteman dengan R seperti biasa. Dia pun menggut-manggut.

Suatu ketika Chery mamak ajak ke acara sekolah Danica. Dan hal pertama yang ditanyakan Chery yaitu mana yang namanya Yk?
Sementara saya fokus ke acara Danica, Chery katanya mau main sama Yk.........

Keesokkan harinya mama Yk cerita ke saya kalau kemaren ngobrol dengan kakaknya Danica (Chery). Mama Yk bilang kalau Chery ngomongnya kaya 'orang gede'. Chery promosi Sekolah Alamnya kalau disana banyak anak seperti Yk yang aktif. Anak yang aktif akan ditemani oleh Guru Pendamping, lama-lama bisa pintar loh (Chery nguping obrolan saya waktu sama ayahnya dan menyerap omongan plek ketiplek). Pesan moral : hati-hati kalau kita sedang ngobrol dan ada anak kecil (yang padahal gak diajak ngobrol), anak kecil bisa menyerap perkataan kita macam kanebo. Omongan anak ke orang lain harus dipantau atau di kroscek ya mak. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahpahaman dengan bahasa yang dipergunakan nak-anak. Saya sempat kroscek ke mama Yk dan Chery, ternyata memang benar meraka ngobrol. Untungnya Chery bisa menempatkan diri dengan baik. Chery mengajak main Yk di taman bermain anak-anak yang berada di luar gedung sekolah, sambil ngobrol dengan mama Yk. Sementara saya di dalam sekolah.

Dengar tanggapan mama Yk tentang Chery, ada senyuman di hati mamak yang menandakan mamak bahagia karena anak mamak telah paham berempati dengan seseorang, tau cara menempatkan diri, dan dia mau mengajak main anak-anak spesial dengan cara yang santun. 

Chery belajar dari sekolahnya, melihat, bersosial, dan mengalaminya sendiri sehari-hari. Tentunya dengan arahan dan bimbingan guru dan orangtua yang senantiasa didengungkan di rumah. Terus menyisipkan bahwa Anak-anak Berkebutuhan Khusus adalah sama seperti yang lain, jangan dihindari, jangan dibully, yang diperlukan adalah rangkulan kita yang mau berteman dengan mereka.

Yuk mak terus belajar dari lingkungan, anak mengajari banyak hal, jangan lupa parents harus mengarahkan ke arah yang baik...
Terus belajar, berempati dengan sesama, dan stop bullying 😘😘!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak kalian dengan berkomentar ^^